Minggu, 02 Desember 2012

PENENG SEPEDA

Ada yang masih ingat saat sepeda kita dicegat dan disuruh bayar peneng sepeda ? hahaha...pokoknya sebel banget kalo dijalan dicegat bapak-bapak dari dinas pendapatan. peneng sepeda sebenarnya adalah tanda sudah bayar pajak sepeda,pajaknya per tahun adalah Rp 100-an. ukuran peneng yang sekitar 5 cm x 6 cm itu biasanya menempel dibawah sadel atau di rangka utama sepeda (orang jawa menyebutkan 'bayangan pedah') . Razia peneng sepeda kerap digelar dijalan raya terutama dipasar,depan bioskop pada era 80-an hingga pertengahan 90-an. hal yang terlucu (saat itu gak lucu) adalah trik menghindari razia ini. ada yang dengan paniknya balik arah dan mencari jalur alternatif, atau ngebut secepat-cepatnya berharap petugas takut menghentikan laju sepedanya,atau memakai trik tidak bawa uang sepeserpun.
           Kini Razia peneng sepeda tidak pernah ada.karena nilai peneng sepeda tidak seberapa dari pada pajak kendaraan bermotor.
 Gambar diatas diambil dari http://solokomunitas.files.wordpress.com

4 komentar:

  1. Setujukah anda, Peneng/ pajak sepeda diberlakukan kembali ?!

    BalasHapus
  2. Kangen masa2 dulu,arep lungo ngaret ono informasi cegatan peneng tak tunggu sak rampunge ngowoh neng pinggir jalan..ha..ha..ha..

    BalasHapus
  3. Kangen masa2 dulu,arep lungo ngaret ono informasi cegatan peneng tak tunggu sak rampunge ngowoh neng pinggir jalan..ha..ha..ha..

    BalasHapus
  4. Haha ada saja pajak sepeda tivi dll

    BalasHapus